Rajin Konsumsi Ikan Laut Saat Hamil Bikin Anak Cerdas

Jum'at, 20 Mei 2016 - 17:21 WIB
Rajin Konsumsi Ikan...
Rajin Konsumsi Ikan Laut Saat Hamil Bikin Anak Cerdas
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol mengungkapkan, bahwa ibu hamil yang gemar mengonsumsi ikan laut tiga porsi besar per minggu bisa membuat otak anak menjadi cerdas.

Penelitian ini melibatkan data dari 2.000 pasangan ibu dan anak. Peneliti Jordi Julvez dari Ceter for Research in Environmental Epidemiology meneliti sejak trimester kehamilan pertama hingga anak mencapai usia lima tahun.

Dilansir dari Reuters, dalam penelitian ini, ibu hamil mengonsumsi 500 gram ikan per minggunya. Sisanya, ibu hamil mengonsumsi ikan lebih dari itu dan terlihat sang anak juga memiliki skor yang juga lebih tinggi ketika dites perkembangan neuropsikologisnya.

Julez menjelaskan, manfaat tersebut di dapat dari mengonsumsi ikan sekitar 600 gram per minggu. Namun, lebih dari itu tidak ada tambahan skor kemampuan anak yang berarti. Sayangnya, hingga saat ini ibu hamil masih ragu untuk mengonsumsi ikan karena khawatir keracunan merkuri.

Namun berdasarkan hasil penelitian ini, tidak ditemukan adanya cemaran merkuri atau polutan lainnya. Dengan demikian, mengonsumsi 600 gram ikan bisa dikategorikan aman.

"Makanan laut terkenal sebagai sumber nutrisi penting untuk perkembangan otak, tapi di saat yang bersamaan makanan laut bisa juga mengakumulasi merkuri dari lingkungan yang bersifat neurotoksin," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)